sejarah awal penggunaan kata "teleskop"

Written By Syams12 on Rabu, 18 April 2012 | 02.40

pada 14 april 1611, bangsawan itali yang juga ilmuawan dan naturalis federico angelo cesi untuk pertama kali menggunakan kata "teleskop". saat itu cesi sedang berada dalam jamuan yang diadakan oleh pelopor masyarakat ilmiah, akademi linceans (atau lynxes) yang ia menjadi salah satu pendirinya. jamuan tersebut diadakan untuk menghormati galileo yang mengembangkan teleskop refraktor.

hadirin terpesona setelah galileo memperlihatkan satelit-satelit jupiter, benda-benda langit lain, bahkan sebuah tulisan yang terdapat pada gedung yang terletak sejauh tiga mil dari lokasi. meski cesi yang mengutarakan kepada hadirin, kata telescopio (dalam bahasa italia) tersebut diperkirakan dibuat oleh seorang ahli yunani yang kebetulan hadir dijamuan tersebut, dari kata yunani "tele" yang berarti "jauh" dan scopeo" yang berati melihat. teleskop refraktor galileo memang membuat mata manusia lebih tajam karena dapat melihat benda-benda jauh yang tidak dapat diamati mata telanjang.

pada tahun 1625, anggota lincean lainnya, giovanni faber dari bamberg, menemukan kata yang setara untuk temuan lain, yaitu mikroskop.

(sumber : kompas)

Toko Buku Online Terlengkap

0 komentar:

Posting Komentar