Sejarah Pertama Kali Jam Raksasa Big Ben Di Inggris Beroperasi

Written By Syams12 on Sabtu, 02 Juni 2012 | 04.04


 Siapa yang tidak kenal dengan jam raksasa big ben yang menjadi ikon di kota London, Inggris. Saya yang nggak pernah ke inggris saja tahu…he…he… tahukah anda, ternyata dari sumber bacaan yang saya dapatkan di internet, bahwa jam raksasa yang menjadi simbol kebanggaan kota London dan diberi nama big ben ini untuk pertama kali beroperasi mulai tanggal 1 juni 1859 atau kurang lebih 153 tahun lalu.

Menurut catatan sejarah, seperti yang dipaparkan oleh The History Channel, Big Ben ditempatkan di Menara St.Stephen setinggi lebih dari 97 meter. Letaknya di kompleks Gedung Parlemen di Westminster dan persis di pinggir Sungai Thames.

Pembangunan Big Ben berawal dari pemugaran gedung parlemen yang hancur terbakar pada Oktober 1834. Dulunya bangunan itu merupakan salah satu istana raja Inggris bernama Palace of Westminster.

Pendirian Big Ben tak lepas dari peran seorang astronom kerajaan bernama Sir George Airy. Dia ingin ada suatu jam besar yang akurat, sesuai dengan perhitungan Royal Greenwich Observatory.

Banyak pembuat jam saat itu yang bersikap sinis dengan ambisi Airy. Namun, dia pantang menyerah dengan merekrut seorang pengacara bernama Edmund Beckett Denison yang juga pakar horologi, atau ilmu penghitungan waktu, untuk merancang pembangunan jam raksasa.

Desain jam besar rancangan Denison dibuat oleh perusahaan E.J. Dent & Co. dan selesai pada 1854. Lima tahun kemudian, 1859, Menara St. Stephen selesai dibangun dan akhirnya dipasangi sebuah jam raksasa sebesar lebih dari 13 ton, yang diderek dengan bantuan 16 ekor kuda.  

0 komentar:

Posting Komentar