sejarah penemuan mesin diesel

Written By Syams12 on Minggu, 20 Mei 2012 | 03.21

pada tanggsl 23 pebruari 1893, penemu jerman rudolf christian karl diesel mendapatkan paten untuk rancangan mesin buatannya. mesin yang kemudian dikenal sebagai mesin diesel. cara kerja dari mesin diesel ini adalah dengan memicu kompresi. mesin diesel menggunakan panas tinggi yang dipicu kompresi untuk menyalakan bahan bakar.


mesien diesel banyak dipakai di eropa dan terkenal karena mesin diesel efisien dan tenaganya. hingga kini mesin diesel masih banyak digunakan, khususnya untuk industri berat. akan tetapi dibalik efisiensi penggunaan mesin diesel ini berakibat pada emisi gas buang, jelanga dan bau yang lebih banyak bila dibandingkan dengan mesin berbahan bakar bensin.

Rudolf Diesel mengadakan penelitian, bagaimana agar penggunaan bahan bakar pada suatu mesin menjadi lebih efisien. Dia tahu bahwa mesin-mesin uap yang ada pada jamannya, hanya memiliki tingkat efisiensi sebesar 10-15%. Dia kemudian merancang sebuah mesin dengan bahan bakar yang disemprotkan kedalam ruang kompresi dimana bahan bakar tersebut akan terbakar akibat panas yang timbul akibat kompresi. Mesin inilah yang kita kenal sekarang dengan Mesin Diesel. Impian Diesel untuk menciptakan mesin dengan efisiensi tinggi menjadi tercapai, karena sumber bahan bakar untuk mesin diesel yang dipakai sekarang dan kita kenal dengan nama 'diesel' adalah minyak sisa dari hasil penyaringan bensin.

2 komentar:

Info Training TMC Bandung mengatakan...

nice info
www.titianmc.co.id
infoahlik3.wordpress.com

Abimayu Galang mengatakan...

Informasi penting nih gan bagi para toko mesin :D Thanks gan, keep writing! :D

Posting Komentar