sejarah pembangunan terusan suez

Written By Syams12 on Selasa, 08 Mei 2012 | 21.21

terusan suez yang kita kenal saat ini yang ada di mesir, mulai dibangun pada tanggal 25 april 1859. pekerjaan pembangunan terusan suez ini, ditandai dengan pemecahan tanah menggunakan linggis secara simbolis oleh pengembang perancis ferdinand de lesseps di port said, mesir. terusan ini dibangun dengan menghubungkan laut tengah dan laut merah.

kurang lebih waktu 10 tahun waktu yang diperlukan sebelum terusan swiss ini dibuka pada tanggal 17 nopember 1869. dengan adanya terusan suez ini mempersingkat perjalanan laut antara eropa dan asia. perjalanan tidak perlu lagi mengintari afrika, melainkan cukup melintasi terusan suez.

terusan suez ini terbentang antara port tawfik di titik selatan yang berada di kota suez hingga ke port said di titik utara. awal pertama kali dibangun, panjang dari terusan suez ini hanya 164 kilometer dengan kedalaman delapan meter. setelah beberapa kali pelebaran, terusan suez kini memiliki panjang 193 kilometer, dengan kedalaman 24 meter dan lebar 205 meter.

dibawah perjanjian internasional, terusan suez dapat digunakan "dalam masa perang seperti juga masa damai, oleh setiap kapal dagang atau perang, tanpa membedakan bendera"

sumber : surat kabar kompas


1 komentar:

Teguh Wilujeng mengatakan...

Artikel yang menarik dan bermanfaat gan,
Terima kasih n salam sukses

Posting Komentar