Sejarah Penemuan Planet Uranus

Written By Syams12 on Senin, 04 Juni 2012 | 03.57



Padamulanya sebelum ditetapkan sebagai platnet. Uranus, sebenanrya sudah diamati.  Pengamatan yang tercatat paling awal adalah pada tahun 1690 saat John Flamsteed mengamati planet itu sedikitnya enam kali, mengkatalogkannya sebagai 34 Tauri. Astronom Perancis, Pierre Lemonnier, mengamati Uranus setidaknya dua puluh kali antara tahun 1750 dan 1769,termasuk pada empat malam berturut-turut.

Sir William Herschel mengamati planet itu pada 13 Maret 1781 saat berada di taman di rumahnya di 19 New King Street di kota Bath, Somerset-sekarang Herschel Museum of Astronomy, namun mulanya melaporkannya (pada 26 April 1781) sebagai sebuah “komet”.Herschel “melakukan serangkaian pengamatan terhadap paralaks pada bintang-bintang

Herschel memberitahu Astronomer Royal, Nevil Maskelyne, akan penemuannya dan menerima jawaban keheranan ini darinya pada tanggal 23 April 23. Sementara Herschel secara hati-hati terus menggambarkan objek baru ini sebagai sebuah komet, para astronom lain sudah mulai menduga secara lain. Astronom Rusia Anders Johan Lexell memperkirakan jaraknya 18 kali jarak Matahari dari Bumi dan belum satu kometpun yang diamati dengan perihelion empat kali jarak Bumi-Matahari.
Objek itu dengan segera diterima secara universal sebagai sebuah planet. Tahun 1783, Herschel send

3 komentar:

ahsan mengatakan...

nice posting.... thanks infonya...

jhony mengatakan...

mantap infonya...btw... planet uranus itu dekat sm planet mars ya ?

kampung pulsa mengatakan...

maaf gan...numpang mampir. numpang promo, ini ne ada tawaran menarik jadi master dealer pulsa bersama atmpulsa.com... tertarik bisa cr infonya di www.kampungpulsa.tk... terima kasih.

Poskan Komentar