Sejarah Penemuan Cikal Bakal Sepeda

Written By Syams12 on Minggu, 10 Juni 2012 | 04.46

Pada tahun 1818, baron karl von drais de sauerbrun, seorang penemu berkebangsaan jerman mematenkan rancangan yang dinamakan “mesin berlari” atau dalam bahasa jerman “laufmaschine”. Benda tersebut kemudian dinamakan “velocipede”. Di inggris dikenal sebagai “draisine”, sedangkan di perancis disebut “draisienne”.



Disebut sebagai mesin berlari karena “velocipede” sebenarnya hanya membantu manusia berlari lebih cepat. Pengendara yang duduk pada “velocipede” yang terbuat dari kayu dan memiliki dua roda bergerak dengan dua kaki yang menjejak ke tanah. Kayuh yang terhubung dengan rantai dan menggerakkan roda seperti pada sepeda modern belum dikenal. Namun, kala itu, “velocipede”menjadi cara transportasi personal yang popular.

Terobosan lain yang dilakukan baron karl von drais de sauerbrun adalah rancangan yang meungkinkan roda depan disetir. Ini merupakan pengembangan dari model buatan comte mede de sivrac, orang perancis yang merancang kendaraan roda dua. Rancangan sivrac tersebut dikenal sebagai velocifere.


(sumber : kompas)

0 komentar:

Posting Komentar