Toko Buku Online Terlengkap

sejarah penemuan tangga eskalator

Written By Syams12 on Selasa, 27 Maret 2012 | 04.34

tanggal 15 maret 1892, penemu dan insiyur jesse wilford reno dari new york, as mematenkan produk semacam eskalator yang disebutnya sebagai "inclined elevator". namun, reno bukanlah orang pertama yang mematenkan produk semacam itu, melainkan nathan ames dari saugus, massachussetts pada 1859. sayangnya rancangan ames tidak pernah dibuat.


sama halnya dengan rancangan reno yang diwujudkan di old iron pier, coney island, new york, berupa sabuk berjalan yang dapat memindahkan orang pada kemiringan 25 derajat. rancangan ini berbeda dengan rancangan ames, berupa anak-anak tangga yang dipasang pada sabuk atau rantai.

eskalator seperti yang dikenal kini adalah hasil karya charles d seeberger pada tahun 1897. ia juga yang menggunakan nama "escalator", di ambil dari kata latin "scala" yang artinya "langkah" dan elevator. seeberger dan otis kemudian kemudian merancang eskalator publik pertama yang digunakan di paris exhibition tahun 1900 dan memenangkan hadiah pertama. seeberger kemudian menjual hak patennya kepada otis pada tahun 1910.

0 komentar:

Posting Komentar