Sejarah Penemuan Pemanis Buatan

Written By Syams12 on Rabu, 06 Juni 2012 | 08.30

pada tahun 1879, tepatnya tanggal 27 pebruari 1879, seorang ahli kimia kelahiran rusia yang bernama constantin fahlberg mengumumkan temuannya berupa pemanis buatan. penemuan pemanis buatan ini sebenarnya ditemukan secara tak sengaja oleh fahlberg ketika ia sedang menganalisi senyawa kimia dalam ter batu bara di aboratarium ira remsen, guru besar kimia pada universitas john hopkins di baltimore, maryland, amerika serikat.


cerita penemuan ini bermula ketika fahlberg istirahat untuk makan malam. saat makan roti tanpa  sengaja fahlberg mengecap rasa manis yang tidak biasanya. fahlberg kemudian menelusuri asal muasalnya dan menemukan bahwa rasa manis tersebut bersumber dari senyawa kimia yang ia sentuh saat bekerja di laboratarium.

fahlberg kemudian mematenkan temuannya dan bersama pamannya, dr. adolf list, mendirikan pabrik untuk memproduksi sakarin. pemanis buatan tersebut bebas dari kalori dan lebih manis ketimbang sukrosa. hanya saja dalam konsentrasinya tinggi memiliki rasa pahit atau logam. sakarin banyak digunakan orang untuk pemanis minuman, permen, kue dan obat-obatan.

(sumber : kompas)

0 komentar:

Posting Komentar